“Ibu, setelah ibu mendapatkan pengobatan dari saya dan nantinya ternyata ibu tidak merasakan perubahan apapun atau ibu kecewa dengan pelayanan yang saya berikan, ibu bilang pada saya ya bu… tapi kalau nantinya ibu mengalami kesembuhan dan puas dengan pengobatan atau pelayanan yang saya berikan, ibu bisa beritahukan ke teman-teman atau saudara-saudara ibu untuk datang kesini kalau mempunyai keluhan sakit yang sama dengan yang ibu alami sekarang…” Begitulah ucapan yang saya dengar dari seorang sinshe wanita yang ramah dan suka humor itu, setelah selesai mengobati pergelangan tangan ibu saya yang patah karena jatuh beberapa waktu yang lalu.
Saya jadi teringat, ucapan tersebut sepertinya tidak jauh berbeda arti dan maknanya dari slogan di sebuah rumah makan yang pernah saya kunjungi bersama teman-teman saya. Bunyi slogan tersebut kurang lebih seperti ini : “Kalau anda kecewa beritahukan pada kami tapi kalau anda puas beritahukan pada kawan” Menarik sekali slogan yang ada di rumah makan tersebut, pikir saya. Kalau saya boleh mengartikan, sepertinya kurang lebih begini… Apabila kita kecewa dengan rasa masakan di rumah makan tersebut atau pelayanan yang tidak menyenangkan, pemilik rumah makan tersebut menginginkan kita untuk memberi saran atau masukan kepada mereka dan jangan memberitahukan atau menceritakan kekecewaan kita tersebut kepada teman-teman kita, tapi kalau kita puas dengan rasa masakan dan pelayanan dari rumah makan tersebut, mereka juga ingin kita tidak perlu banyak memuji, mereka cukup meminta kita untuk menberitahukan kepada teman-teman kita bahwa rumah makan mereka menyajikan masakan yang enak dan pelayanan yang memuaskan, dengan harapan teman-teman kita nantinya akan datang dan makan di rumah makan tersebut.
Setelah membaca slogan di rumah makan tersebut, kami sempat membahas soal arti dibalik slogan itu tadi. Saat itu sempat ada teman saya yang nyelutuk begini… “Tuh, kalian juga tuh…kalau ada sikap atau kelakuanku yang mengecewakan kalian atau mungkin aku tidak menyenangkan dalam berteman dengan kalian, bilang sama aku dan kasih aku teguran atau saran…jangan ceritakan pada orang lain, tapi kalau menurut kalian, aku teman yang sangat menyenangkan, boleh deh cerita-cerita ke orang lain…” Saya sempat terhenyak dengan ungkapan teman saya tadi…Ah, bener juga apa yang dibilang temen saya tadi.. Dalam sehari, bisa jadi mungkin kita lebih banyak membicarakan kejelekan atau keburukan orang lain daripada kebaikannya.. Ini jadi bahan introspeksi dan refleksi bagi diri saya sendiri..untuk bisa selalu memberitakan kebaikan-kebaikan orang lain dan bukan malah keburukannya.
Waaah…bagus juga slogan marketing dari rumah makan tersebut, juga ucapan dari sinshe yang sudah mengobati pergelangan tangan ibu saya tadi. Tidak berlebihan dan menunjukkan kerendahan hati seseorang, begitu sih menurut saya.
Jadi, kalau menurut anda, tulisan atau blog saya ini kurang menarik untuk dibaca, beritahu saya dan kasih saya saran...tapi kalau menurut anda tulisan-tulisan atau blog saya ini menarik, beritahukan pada teman-teman anda….!! Hmmm…sepertinya pas juga slogan rumah makan tadi untuk slogan di blog saya ini.. hehehe….
Saya jadi teringat, ucapan tersebut sepertinya tidak jauh berbeda arti dan maknanya dari slogan di sebuah rumah makan yang pernah saya kunjungi bersama teman-teman saya. Bunyi slogan tersebut kurang lebih seperti ini : “Kalau anda kecewa beritahukan pada kami tapi kalau anda puas beritahukan pada kawan” Menarik sekali slogan yang ada di rumah makan tersebut, pikir saya. Kalau saya boleh mengartikan, sepertinya kurang lebih begini… Apabila kita kecewa dengan rasa masakan di rumah makan tersebut atau pelayanan yang tidak menyenangkan, pemilik rumah makan tersebut menginginkan kita untuk memberi saran atau masukan kepada mereka dan jangan memberitahukan atau menceritakan kekecewaan kita tersebut kepada teman-teman kita, tapi kalau kita puas dengan rasa masakan dan pelayanan dari rumah makan tersebut, mereka juga ingin kita tidak perlu banyak memuji, mereka cukup meminta kita untuk menberitahukan kepada teman-teman kita bahwa rumah makan mereka menyajikan masakan yang enak dan pelayanan yang memuaskan, dengan harapan teman-teman kita nantinya akan datang dan makan di rumah makan tersebut.
Setelah membaca slogan di rumah makan tersebut, kami sempat membahas soal arti dibalik slogan itu tadi. Saat itu sempat ada teman saya yang nyelutuk begini… “Tuh, kalian juga tuh…kalau ada sikap atau kelakuanku yang mengecewakan kalian atau mungkin aku tidak menyenangkan dalam berteman dengan kalian, bilang sama aku dan kasih aku teguran atau saran…jangan ceritakan pada orang lain, tapi kalau menurut kalian, aku teman yang sangat menyenangkan, boleh deh cerita-cerita ke orang lain…” Saya sempat terhenyak dengan ungkapan teman saya tadi…Ah, bener juga apa yang dibilang temen saya tadi.. Dalam sehari, bisa jadi mungkin kita lebih banyak membicarakan kejelekan atau keburukan orang lain daripada kebaikannya.. Ini jadi bahan introspeksi dan refleksi bagi diri saya sendiri..untuk bisa selalu memberitakan kebaikan-kebaikan orang lain dan bukan malah keburukannya.
Waaah…bagus juga slogan marketing dari rumah makan tersebut, juga ucapan dari sinshe yang sudah mengobati pergelangan tangan ibu saya tadi. Tidak berlebihan dan menunjukkan kerendahan hati seseorang, begitu sih menurut saya.
Jadi, kalau menurut anda, tulisan atau blog saya ini kurang menarik untuk dibaca, beritahu saya dan kasih saya saran...tapi kalau menurut anda tulisan-tulisan atau blog saya ini menarik, beritahukan pada teman-teman anda….!! Hmmm…sepertinya pas juga slogan rumah makan tadi untuk slogan di blog saya ini.. hehehe….
Sesuai permintaan anda, saya lebih baik tidak memberi tahu anda, sebab saya sudah mengatakannya kepada orang lain.
BalasHapus